Kamis, 19 April 2012

Kerusakan Jalan Menuju Dusun Pancur Nauli Sangat Memprihatinkan

Sidikalang,SIRA :
Dusun Pansurnauli Desa Lae Hole II Kecamatan Parbuluan,Kabupaten Dairi Propinsi Sumut cukup memprihatin kan atas kerusakan jalan yang panjangnya sekitar 3 km . Akibat kerusakan jalan tersebut masyarakat di dusun itu sangat kewalahan untuk pengangkutan hasil pertanian, karena kendaraan mobil pengangkutan umum (MPU) enggan masuk kedaerah itu. Hal ter-sebut diungkapkan ketua LSM Gransi Dairi Jonner Simbolon kepada wartawan belum lama ini di Sibura-bura Sidikalang.
Dikatakan, hasil investigasi LSM itu minggu lalu dari beberapa masyarakat di dusun Pansurnauli menye-butkan bahwa kerusakan jalan ter-sebut sudah berlangsung selama dua tahun. Dan bahkan, menurut informasi dari masyarakat petugas dari dinas Bina Marga Dairi sejak ta-hun 2010 lalu sudah melakukan pengukuran dan melihat langsung kon-disi jalan yang rusak. Namun kenya-taan hingga saat ini jalan itu belum juga di lakukan perbaikan.


Ditambahkannya, keterangan dari masyarakat selain jalan peng-hubung antar dusun. Jalan tersebut juga merupakan salah satu akses menuju perusahaan PT Wahana. Ke-tika hal itu disampaikan masyarakat ke pihak perusahaan agar membantu untuk melakukan perbaikan, jawaban dari PT Wahana kepada masyarakat mengatakan bahwa kontribusi me-reka sudah disampaikan ke pihak pemkab Dairi, tegasnya.
Jonner Siombolon mengatakan, sesuai keterangan dari masyarakat saat melakukan investigasi ke daerah itu bahwasanya warga di dusun tersebut sangat mendukung pemerintahan sekarang ini. Tetapi, dikatakan nampaknya pemerintah Kabupaten Dairi kurang memperhatikan kebutuhan mereka khususnya sarana umum seperti jalan dimaksud. Sehingga, kerusakan jalan tersebut sangat mengganggu aktifitas mas-yarakat khususnya untuk pengang-kutan hasil bumi. Begitu juga dengan pemilik kendaraan, baik roda empat maupun sepeda motor sangat kewalahan bila melintas dari daerah itu karena kondisi badan jalan sudah pada tahap kritis. Dan kebanyakan pengemudi angkutan umum sangat mengeluh karena ketika melewati jalan yang rusak tersebut mobil mereka pasti rusak, sebutnya. Masyarakat di dusun Pansurnauli sangat mengharapkan perhatian pemkab Dairi atau instansi terkait, agar segera melakukan perbaikan. Sehingga, kerugian mas-yarakat akibat kerusakan jalan tersebut tidak terjadi lagi.
Pada hari yang berbeda,-SIRA bertemu dengan Kepala Desa Lae Hole II marga Sihombing di pancur nauli menyebutkan,kerusakan jalan tersebut memang sudah lama itu,dan kamipun sangat mengharapkan kepada pihak Pemkab Dairi kiranya dapat diperhatikan atas keluahan kami tentang kesrusakan jalan ini ujarnya (SR-01).

1 komentar:

  1. harjon sihombing9 Mei 2012 04.32

    memang sangat memprihatinkan apabila kita bandingkan dengan daerah2 lain,smoga smua intansi yang terkait dapat segera memperbaiki jalan tersebut. trima kasih...

    BalasHapus