Kamis, 19 April 2012

Berdalih Uang Terimakasih,Okunum Disdik Pakpak Bharat Lakukan Pungutan

Pakpak  Bharat,SIRA :
Ada-ada saja alasan seseorang pejabat untuk memanfaatkan yang kurang terpuji,misalnya melakukan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) untuk menggerogoti hak-hak orang lain.seperti halnya yang terjadi Didinas Pendidikan Kabupaten Pakpak Bharat melalui bidang  PTK,yang menangani urusan sertifikasi guru diduga keras melakukan pungutan liar (pungli).
Dengan cara meminta sejumlah uang dari beberapa guru yang menerima sertifikasi dengan dalih sebagai uang ucapan terima kasih para guru kepada oknum yang menerima dibidang PTK meskipun sistem pencairan dana sertifikasi guru tahun anggaran 2011 lalu melalui rekening masing guru (penerima red_).


Modus operandi yang dilakukannya seperti yang dituturkan beberapa guru penerima dimaksud yang tidak mau menyebut jatidirinya yang berhasil dikomfirmasi wartawan SIRA menuturkan bahwa mereka ( guru red-) diberi penjelasan dikantor sesaat bergegas menuju BANK yang dituju untuk pencairannya lalu para guru kembli menghadap keruangannya untuk menyerahkan sejumlah uang yang berdalih uang terima kasih.
Masih dalam penuturan para guru tersebut,jumlah uang yang disetor bervareasi hingga Rp.1.000.000/per orang guru tutur para guru sedih seraya kesal perbuatan itu.injformasi lain yang diperoleh bahwa tindakan oleh oknum di PTK bukan hanya itu saja hampir setiap urusan di bidang PTK harus mengeluarkan sejumlah uang, padahal sebelumnya mereka ketahui menurut informasi dalam proses pencalonan sertifikasi guru hingga pencairan dana maupun urusan lainnya tidak diperbolehkan meminta sejumlah uang kepada masing-masing yang bersangkutan walau dengan cara apapun.
Jika benar sudah pasti tindakan yang dilakukan oknum tersebut telah mencoreng nama baik pemkab pakpak Bharat khususnya dinas pendidikan sebagai salah satu pilar pembangunan sebagaimana yang didengung-dengungkan Bupati Pakpak Bharat. keluhan para guru dimaksud tampaknya perlu segera direspon dinas terkait demi pencapaian visi-misi Bupati khususnya dibidang pendidikan.
Ditempat terpisah Plt. Kadis Pendidikan dikomfirmasi wartawan melalui kabid PTK,(KT).terkait dugaan pungli dimaksud itu tidak sepengetahuannya lalu dia mengarahkan konfirmasi kepada anggotanya berinisial (KP) dengan lenggang oknum (KP) menjawab wartawan ”kalau sejumlah uang yang ditrimanya dari para guru penerima dana sertifikasi hanyalah uang terima kasih seraya mengatakan kalau ada guru yang keberatan segera katakan siapa namanya agar saya jumpai”.ujarnya lantang.menanggapi. (JM) 

1 komentar: