Rabu, 16 Mei 2012

Remaja Putus Sekolah Ikut Pelatihan Ketrampilan

SIRA - PAKPAK BHARAT :
Beranjak dari keprihatinan akan keberadaan remaja putus sekolah dan mengantisipasi akan terjadinya tindakan-tindakan negatif apabila remaja putus sekolah tidak memiliki keterampilan, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Pakpak Bharat menggelar Kegiatan Pelatihan Keterampilan dan Praktek Belajar Kerja bagi Remaja Putus Sekolah belum lama ini.
Sejumlah 15 peserta, yang mengikuti pelatihan keterampilan yang dimaksud berusia 15-21 tahun, berasal dari keluarga miskin yang berdomisili di Kabupaten Pakpak Bharat. Pelatihan tersebut menghadirkan instruktur professional dengan memfokuskan keterampilan menjahit. Diharapkan kedepan, usai pelatihan ini para remaja putus sekolah tersebut akan mampu menambah pendapatannya sendiri serta juga untuk menopang perekonomian keluarga. Mereka juga dapat terhindar nantinya dari aktivitas-aktivitas yang merugikan diri sendiri.
Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Pakpak Bharat Manurung Naiborhu, saat dikonfirmasi wartawan, baru-baru ini, menjelaskan bahwa program tersebut merupakan salah satu strategi untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang sejahtera yang dapat diterapkan.“Pihak Dinsosnakertrans Kabupaten Pakpak Bharat berupaya penuh dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas semaksimal mungkin mengupayakan pemberdayaan bagi para penyandang.
Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) untuk dapat terlibat membangun bangsa ini sebagaimana juga telah diatur dalam UU No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial,” ungkap Manurung.
Sementara itu, Bupati Remigo Yolando Berutu, saat dikonfirmasi secara terpisah menyatakan hal senada dengan Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Pakpak Bharat sebelumnya. “Tidak ada kesejahteraan yang tidak bisa terwujud jika tidak dibarengi dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Masalah PMKS adalah masalah yang cukup kompleks di Indonesia. Untuk itu kita tetap berkomitmen memberdayakan PMKS khususnya yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat,” tandas Remigo.(JM)

Keterangan foto : Sejumlah Remaja putus sekolah yang mengikuti pelatihan menjahit, yang digelar Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Pakpak Bharat belum lama ini. (Foto dok.SIRA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar