Jumat, 17 Agustus 2012

Pendapatan Penduduk Meningkat, Angka Kemiskinan  Menurun

                                                                                    SIRA - Pakpak Bharat :
Pengentasan kemiskinan yang dilakukan Pemerintah Pakpak Bharat semakin terlihat positif. Pada tahun 2009 Indeks Pembangunan manusia  Pakpak Bharat pada tahun 2009 sebesar 70,36 % meningkat menjadi 71 % di tahun 2011. dengan peningkatan tersebut pertumbuhan ekonomi juga  terlihat sangat signifikan dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 sebesar 5,83 menjadi sebesar 5,98.
 Demikian dikemukakan Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, MBA dalam rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Pakpak Bharat dalam rangka Memperingati HUT ke 9 Kabupaten Pakpak Bharat, Sabtu,( 28/07).
Selain peningkatan indeks pembangunan dan peningkatan ekonomi,penurunan tingkat kemiskinan juga terjadi yakni pada angka 13,99%
menjadi 13,78% di tahun 2011. Bukan hanya itu dikatakan Remigo, pendapatan perkapita juga mengalami peningkatan dari 6,7 Juta tahun
2009 menjadi 9,1 Juta pada tahun 2011. “Pemkab Pakpak Bharat akan terus melakukan terobosan dan inovasi-inovasi dalam rangka mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang berprestasi”.
Diungkapkan, pada sektor pelayanan publik, ia menggunakan Penilaian Ciban sebagai salah satu alat ukur peningkatan. Dimana Kabupaten
Pakpak Bharat mendapat peringkat 2 dari seluruh Kabupaten/kota se-Sumatera Utara dan masih dipertandingkan ditingkat Nasional.
Selain itu, “Untuk meningkatkan kinerja aparatur dan pelayanan Pemkab Pakpak Bharat juga telah mencanangkan penerapan Standard Manajemen
Mutu (SMM) ISO 9001:2008 yang diterapkan diseluruh SKPD” .
Kabupaten Pakpak Bharat  memiliki posisi strategis baik dari sisi geografis, potensi dan tingkat pertumbuhan yang terus berjalan naik.
Untuk itu pentingnya menjaga suasana kondusif dan sinergitas semua pihak. “Sekali lagi saya sampaikan bahwa demi mencapai cita-cita kita menuju kesejahteraan sebagaimana terdapat dalam visi-misi Pakpak Bharat semua pihak harus saling mendukung. Bahwa semua ini tidak akan berhasil apabila tidak ada semangat kolektivitas kita untuk mewujudkanya” Terang  Remigo Yolando Berutu.
Pada Perayaan HUT ke 9 Pakpak Bharat  yang tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, dirangkai dengan Upacara di Lapangan Napasengkut yang dilanjutkan dengan penanaman Pohon bersama Ikatan Mahasiswa  Pakpak Lestari (IMPAL), Sidang Paripurna di Gedung dewan serta diakhiri dengan acara pemotongan Nasi Tumpeng di Pendopo Bupati Pakpak Bharat sebagai tanda perayaan HUT ke-9 Pakpak Bharat yang dihadiri jajaran pemkab Pakpak Bharat, Muspida plus, tokoh-tokoh pemekaran, masyarakat umum dan undangan dari Kabupaten Tetangga..(JM)
Keterangan foto : Dalam gambar kelihatanTokoh Pemekaran Kabupaten Pakpak Bharat Jiman Hamadi Manik (pegang pisau) potong kue dalam rangka Peringatan HUT ke 9 Kabupaten Pakpak Bharat didampingi Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando Berutu, MBA, bersama Muspida Plus di Pendopo Bupati (Foto dok.SIRA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar