Jumat, 21 Maret 2014

KPU Dairi Libatkan Ratusan Siswa-siswi Untuk Penyortiran dan Pelipatan Kertas suara

Sidikalang –SIRA Online
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu Legislatif 2014, dengan melibatkan ratusan siswa SMK, Mahasiswa dan masyarakat, yang sebelumnya sudah mendapat pengarahan bagaimana menyortir dan melipat surat sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan oleh KPU Pusat. Selasa (18/3).Penyortiran dan pelipatan logistik kertas surat suara dimaksud, dilakukan di 4 lokasi yang berbeda yakni, Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Sidikalang, SMK HKBP Sidikalang, SMK Negeri 1 Sidikalang, dan Gedung Bale Karina Sidikalang. 
Masyarakat Mendesak Kejatisu dan Polres Pakpak Bharat Tuntaskan Kasus di Pakpak Bharat Penyortiran dan pelipatan kertas suara pemilu legislative tersebut, melibatkan 150 orang siswa SMK HKBP, 150 siswa SMK Negeri 1, 150 orang mahasiswa STAIS, dan 290 orang dari elemen masyarakat yang direkrut oleh PPK masing-masing kecamatan.  Sekretaris KPU Dairi, Gamal Purba yang kepada wartawan  usai mendampingi Wakil Bupati Dairi, Irwansyah Pasi, Ketua dan Komisioner KPU, Asisten Administrasi Pembangunan, Suasta Ginting, dan Kajari Sidikalang, meninjau proses pelipatan kertas suara dimaksud menjelaskan, bahwa jumlah kertas suara yang diterima KPU pada hari Rabu (12/3) itu, berjumlah 833.802 lembar.

Dengan rincian, kertas suara  untuk DPR-RI, DPD, dan DPRD Provinsi masing-masing 207.450 lembar. Sementara kertas suara untuk DPRD Dairi sebanyak, 211.452 kertas suara, termasuk 2 persen kertas suara cadangan. Menurut Gamal, penyortiran dan pelipatan kertas suara dimulai sejak pukul 08.00, hingga pukul 17.00 WIB itu,  ditargetkan akan selesai selama 3 hari, dengan upah  Rp.250 per lembar. "Sementara untuk Surat suara yang rusak, nantinya akan dikumpulkan dalam satu wadah dan selanjutnya kita akan buat berita acaranya. Target kami proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini, selesai dalam 3 hari kedepan," kata Gamal. Pantauan wartawan di empat lokasi pelipatan, sejumlah personil kepolisian dari Polres Dairi, KPU, dan bersama Panwas, tampak melakukan pengawasan. (KT)

Keterangan foto : Para siswa-siswi terlihat sedang melipat kertas suara di Balai Karina.(Foto dok.SIRA Online/KT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar