Jumat, 21 Maret 2014

Sijago Merah hanguskan 3 Pintu di Jalan Air Bersih Sidikalang



Sidikalang - SIRA Online
Ada pepatah mengatakan,api merupakan suatu kebutuhan setiap orang,apa lagi api itu masih kecil,tetapi kalau api itu sudah membesar pasti akan menjadi lawan.Bahkan bias menghanguskan harta benda kita,termasuk rumah. Persisnya di jalan Air Bersih (SPG) Sidikalang,warga  masih  terlelap dalam tidurnya,akhirnya di kejutkan dengan bara api yang menjulang tinggi ,sehingga menghanguskan 3 unit rumah yang masih berdampingan(dempet) sekitar pukul 23.30 wib (18/3). Atas kejadian kebakaran rumah tersebut warga terpaksa ikut membantu untuk mengeluarkahn barang-barang mereka yang masih bias diselamatkan.

Begitu terjadi kebakaran di jalan air bersih itu,pemadam kebakaran langsung turun kelokasi kejadian,dan dua unit mobil kebakaran menyiram dengan cepat,sehingga tidak merembet kerumah yang lain,namun 3 unit rumah tersebut tidak bisa diselamatkan,besar kemungkinan barang-barangpun banyak yang tidak terselamatkan.

Menurut pantauan wartawan SIRA Online pada malam kejadian itu para warga ikut membantu memadamkan api tersebut, mengeluarkan barang-barang mereka dan termasuk satu unit mobil Kijang Inova yang kebetulan berada di grasi,sehingga  warga  setempat menyelamatkannya dengan beramjai-ramai  mengangkat keluar samapai kebadan jalan ,sebab kunci kontak mobil tersebut tidak ada dalam mobil itu kian.

Adapun rumah yang terbakar tersebut,dua(2) unit adalah rumah Master Padang,S.Pd.MM,Staf Ahli Kantor Bupati Pakpak Bharat,dan satu(1) unit rumah Atas Sitorus. Sedangkan rumah yang nyaris hangus terbakar adalah rumah Amos Manik dan rumah Pa.Gion Solin penduduk Tinada pakpak Bharat,yang kebetulan menyewa rumah tersebut adalah Alexsius Simamora.

Sedangkan korban manusia dalam kejadian kebakaran di Jalan Air Bersih (SPG) tersebut tidak ada,apalagi yang punya 2 unit unit rumah terbakar tersebut milik Master Padang sedang berada di Bandung,kabarnya tugas luar dari Pemkab Pakpak Bharat. Sedangkan kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.  Penyebab kebakaran tersebut , diperkirakan sumber api dari arus pendek atau dengan kata lain terjadi korselting listrik.

Wartawan SIRA Online sempat menanyakan kepada Amos Manik salah satu yang nyaris rumahnya terbakar menuturkan,ketika kami tidur lelap terdengar suara diluar mengatakan,apai-api kat mereka,sehingga kamipun sudah panik tidak bisa lagi berbuat apa yang harus dikerjakan,dan sekalian sudah bingung,tetapi dengan pertolongan para warga,maka barang-barang kami bisa dikeluarkan.

Kalau sempat lima menit pemadamkebakaran menyiram rumah kami ini,ludes habis terbakar,soalnya api sudah mulai menjalar ke asbes rumah ini,dan memang kebetulan juga tidak satu dinding dengan pak padang yang rumahnya ludes dilalap api sampai habis terbakar itu,apalagi angin juga tidak mengarah kerumah kami saat itu,tetapi api itu hanya menjulang tegak keatas.
Sebenarnya saya sudah pasrah dalam kejadian tersebut dan berdoa. Tapi Tuhan masih memberikan pertolongan kepada kami sekeluarga sebut Amos Manik sambil sedih atas musibah yang dialaminya.

Keterangan foto : Kelihatan puing-puing  kebakaran di Jalan Air Bersih Sidikalang,Kabupaten Dairi.(Foto dok.SIRA Online/KT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar