Kamis, 06 Maret 2014

Penertiban PKL di Pasar Sidikalang Pergunakan Alat Berat


Sidikalang - SIRA Online.
Sebelumnya para petugas penertiban seperti Satpol PP,Kepolisian dari personil Perhubungan Dairi,Polres Dairi,anggota TNI dari Kodim 0206 Dairi kelihatan merasa tegang dan merasa was-was menghadapi para pedagang untuk menertibkan Pedagang Kali Lima(PKL) dipasar Sidikalang yang dilaksanakan pada hari Jumat,28/2.

Alat berat atau skopel mulai menyisir tempat para pedagang yang berjualan di badan jalan di sekitar komplek pasar Sidikalang tersebut,dan kelihatan para supir alat berat itu grogi untuk membersihkan parit-parit yang kebetulan selama ini para pedagang memanfaatkan tempat jualannya diatas parit yang dipenuhi dengan meja-meja tempat jualan para PKL itu.

Disamping para supir alat berat bekerja ,para petugas Satpol PP yang dipimpin oleh Drs.Erwin Sihotang juga selaku Kepala Satpol PP. Disamping itu juga dibantu dengan para  pegawai PD Pasar  Sidikalang melakukan secara prasuasif ,sekalin menghimbau dan membujuk para PKL agar tidak berjualan lagi di badan jalan karena mengganggu ketertiban lalulintas,supaya dapat menempati tempatnya yang sudah disediakan didalam pajak pasar Sidikalang.

Sebelumnya memang para PKL ngotot dan tidak mau pindah dari tempat jualan mereka karena mereka telah bertahun-tahun dibiarkan berjualan,bagaikan Pemkab tidak mau tahu,sehingga para pedagang merasa terkejut dan heran,tumben untuk penertiban para PKL,padahal selama ini pihak Pemkab membiarkan begitu saja para pedagang sesuka hatinya berjualan di badan jalan di komplek Pasar Sidikalang.

Melakukan pendekatan secara prasuasif kepada para pedagang tidak rupanya sulit,asalkan jangan duluan melakukan kekerasan,sebab kita harus maklum bahwa beliau-beliau adalah mencari nafkah untuk anak-anak mereka,sehingga kita tidak mau secara kekerasan.Apalagi yang didagangkan mereka adalah kebutuhan pokok untuk makanan kita dirumah sebut Erwin Sihotang sambil membujuk para pedagang agar masuk kedalam pajak.

Dalam penertiban itu,sebahagian para Kepala Dinas jajaran Pemkab Dairi,dan sebagai coordinator dari Pemkab dipimpin oleh Drs.DT. Padang,MM dan memberikan arahan kepada para petugas,baik itu Satpol PP,pihak Kepolisian,pihak anggota Kodim yang ikut membantu pengamanan penertiban para pedagang di badan jalan komplek pasar sidikalng.

DT.Padang mengharapkan juga agar lakukan secara pendekatan kepad beliau-beliau,dan saya yakin mereka pasti mengerti dan memahami apa yang kita lakukan ini,dan tidak sulit diarahkan mereka,sepanjang tidak kita neko-neko atas tugas kita selama ini. Contoh ketika saya pernah menjadi Kadis Pasar,bisa kita maksimalkan,maslah ada yang bandel dan keras kepala alias jogal,satu dua pasti ada sebut Padang.

Disamping itu juga sehari sebelumnya penertiban di komplek Pasar Sidikalang,Direktur Umum PD Pasar Sani Tarigan menyebutkan,sebenarnya kami juga telah menghimbau agar para pedagang yang berjualan di badan jalan supaya masuk kedalam,apalagi yang sudah mempunyai tempat ,dan pedagang yang diluar itu sebenarnya rata-rata mempunyai tempat didalam,namun mereka tidak mau berjualan disana,dan alasannya tidak laku didalam,itulah sering sekali diucapkan para pedagang itu.

Anehnya lagi,bila kita tegur mereka dan menyuruh masuk kedalam agar dipergunakan tempat masing-masing,namun enteng jawabnya,”di badan jalan ini tidak ada hak pasar,hak anda adalah didalam pasar sana,itulah ungkapan mereka sebut orang nomor satu di PD Pasar Sidikalang tersebut.(KT)

Keterangan foto : 1.Alat berat telah membersihkan parit yang dipenuhi dengan sampah di parit yang selama ini diatas parit tersebut dipergunakan para Pedagang Kaki Lima(PKL) (Foto.dok.SIRA Online/KT)
 
Keterangan foto : 2. Para pedagang kelihatan adu argumentasi dengan anggota Satpol PP atas keberatannya tentang penggusuran. (Foto.dok.Mitra/KT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar