Jumat, 21 Maret 2014

Ketua KPU Dairi Verianto Sitohang :Saya Siap Dipanggil Kejatisu Atas Pengaduan LSM GARANSI


Sidikalang –SIRA Online
Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Nasional Anti Korupsi Indonesia(LSM GARANSI) Kabupaten Dairi
Jonner Simbolon mengadukan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) secara tertulis pada tanggal 8 Maret 2014 dengan nomor surat :020/LSM-GARANSI-DAIRI/III/2014.
Dan suratnya dalam rincian dana dengan nomor surat :018/LSM-GARANSI-DAIRI/III/2014.Tanggal 8 Maret 2014 yang ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara,dimana permasalahannya tentang honor anggota PPK dan PPS Kabupaten Dairi sewaktu Pilkada bulan Oktober 2013 yang lalu,tidak dibayar Ketua KPU Dairi selama 2 bulan,yaitu bulan Nopember dan Desember 2013 lalu.

Menurut Jonner Simbolon kepada wartawan MITRA pada hari Rabu,(12/3) , Sebenarnya LSM GARANSI sudah dua kali mintak konfirmasi terhadap Ketua KPU Dairi  secara tertulis,pertama pada tanggal,16 Januari 2014 dengan nomor surat : 004/LSM-GARANSI-DAIRI/I/2014. Dan surat konfirmasi kedua pada tanggal,10 Pebruari 2014,dengan nomor surat : 008/LSM-GARANSI-DAIRI/II/2014,seputar tentang penggunaan dana di KPU Dairi , termasuk tidak dibayarnya honor PPK dan PPS Kabupaten Dairi yang jumlahnya ratusan juta rupiah itu.
Karena tidak ada jawaban,baik itu secara lisan maupun tertulis. Sehingga terpaksa saya adukan Ketua KPU Dairi ke Kejatisu urai Jonner Simbolon.

Ketika di konfirmasi wartawan kepada Ketua KPU Dairi Verianto Sitohang dan didampingi Komisioner(anggota KPU Dairi) Asal Padang,Verianta mnyebutkan “ Kita siap dipanggil dan memberikan keterangan kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisau) “ bila ada panggilan  atas  pengaduan Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Nasional Anti Korupsi Indonesia(LSM GARANSI) itu,sepanjang ada panggilan kita akan hadiri, ujar  Verianto Sitohang di ruang kerjanya,(19/3).

Tapi sampai hari ini belum ada panggilan tentang pengaduan LSM GARANSI tersebut,laginya tidak mengetahui apa isi dari pengaduan LSM GARANSI ,karena  belum sampai dimeja saya, itupun kalau ada panggilan  , siap menghadirinya,sekalian  akan memberikan penjelasan,sebut Ketua KPUD Dairi yang didampingi anggotanya Asal Padang.

Verianto Sitohang balik bertanya kepada wartawan,tentang apa rupanya pengaduan ke Kejatisu itu ?..Wartawan menyebutkan sesuai dengan penjelasan Ketua LSM GARANSI Jonner Simbolon ada beberapa permasalahan,termasuk pembayaran honor PPK dan PPS selama 2 bulan belum dibayarkan kepada petugas PPK dan PPS dalam Pilkada pada oktober 2013 yang lalu dari pihak KPU Dairi.

Oh masalah itu sebut Ketua KPUD Dairi , tidak dibayar dua bulan honor tersebut,soalnya para petugas PPK dan PPS hanya bekerja sampai bulan Oktober 2013 saja,masak dibayar honor mereka tidak bekerja lagi. Tetapi kalau seandainya kian dua putaran Pilkada Dairi ,sudah barang pasti pasti dibayarkan honor mereka,ini kan satu putarannya Pilkada Dairi,berarti untuk bulan Nopember dan Desember 2013 itu tidak bekerja lagi,masak dibayar gajinya tidak bekerja lagi.

Itupun kita harus minta petunjuk lebih dahulu kepada KPU Propinsi Sumatera Utara,seandainya itu harus dibayarkan kata KPU Provinsi,kita siap melaksanakan pembayarannya.
Namun uang itu tidak ada disimpan oleh KPU Dairi, sudah kita kembali ke Pemkab Dairi. Kita tidak ada menggunakan uang tersebut.

Seharusnya masyarakat harus bangga kepada KPU Dairi, bisa kita minimkan dana tersebut. Artinya sisa anggaran itu  bisa dipergunakan untuk pembangunan jalan atau peruntukan lain.
 Sama seperti waktu Pilgubsu tahun lalu,karena satu putaran dalam Pilgubsu saat itu,dikembalikan dana itu ke Provinsi. Inipun demikian halnya,karena satu putaran Pilkada Dairi,maka dikembalikan dananya ke kas daerah, ujar mantan anggota LSM SADA AHMO itu.

Disamping itu juga, Komisioner KPU Dairi Asal Padang menyebutkan ,uang yang masih sisa dari anggaran untuk Pilkada Dairi itu ,tentu harus dikembalikan ke Kas daerah,sebab pada tanggal,31 Desember 2013 sudah tutup buku.Artinya kas  untuk KPU Dairi harus nol sebut Padang,mengakhiri pertemuannya dengan wartawan diruang Ketua KPU Dairi.

Sekda Kab.Dairi Julius Gurning: Memang Dana itu Jadi Silva

Ditempat terpisah.pada hari yang sama ,wartawan juga menemui Sekda Kabupaten Dairi Julius Gurning diruang kerjanya telah mengakui ,bahwa dana yang tidak habis di KPU Dairi itu telah dikembalikan kas Pemkab Dairi,dan dana itu menjadi silva.

 Wartawan juga menanyakan tentang dana KPU Dairi yang dikembalikan ke kas Pemkab Dairi tersebut,Sekda mengatakan,kalau jumlahnya saya kurang tau persisnya berapa besarannya,namun biar lebih jelasnya kepada Dipekade sajalah ditanyakan secara rinciannya sebut mantan Camat Sidiklang semasa MP.Tumanggor menjadi Bupati Dairi. (KT)

Keterangan foto : terlihat Ketua KPU Dairi Verianto Sitohang di damping Asal Padang selaku anggota KPUD Dairi.(Foto dok.SIRA Online /KT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar