Kamis, 06 Maret 2014

Kakanwil Kemenag Sumut Resmikan MAN Kelas Unggulan di Sidikalang


Sidikalang – SIRA Online
Terima kasih kepada tokoh masyarakat Pakpak apalagi kepada Sulang Silima Marga Sagala di Sikerbo Kecamatan Siempat Nempu Hulu yang bersedia memberikan lahan untuk pembangunan Madrasah Aliyah Negeri(MAN) kelas unggulan seluas 2,3 hektar.

Apalagi tadinya saya menerima cendramata dari sulang Silima marga Sagala,berupa oles(kain) suatu ciri khas suku Pakpak yang saya anggap ini adalah suatau penghargaan yang tidak ternilai harganya bagi saya secara pribadi.

Tentu saya mengucapkan banyak terima kasih sekali dalam penghargaan ini,apalagi oles(kain) ini bias  saya pergunakan pada waktu dingin untuk menyelimuti tubuh saya,dan bisa juga saya pergunakan pada trik panas matahari sebagai pelindung seluruh tubuh saya.
  
Hal itu disampaikan Kakanwil Kemenag  Propinsi Sumatera Utara, Drs.H.Abd.Rahim M.Hum dalam sambutannya pada waktu peresmian MAN Sidikalang kelas unggulan,3/2-2014 di Km 2 jalan Sidikalang-Tigalingga Kecamatan Siempat Nempu Kabupaten Dairi.

Hadir dalam acara itu Kabid.Pendidikan Madrasyah Kemenag Sumatera UtaraTohir Bayuangi,Kabag Humas Kemenag Sumatera Utara P.Pohan, mewakili Bupati Dairi Naek Syahputra Kakan Ketahanan Pangan,Kakan Kemenag Dairi Drs.H.Hasan Basri Bancin, Kakan Kemenag Kabupaten Pakpak Bharat S.Kudadiri, Ketua Sulang Silima dan Sekretaris Marga Sagala, tokoh masyarakat,tokoh agama,serta para undangan lainnya.

Disamping itu juga saya selaku Kakanwil Kemenag mengucapkan terima kasih kepada Kepsek MAN Sidikalang Drs.Karmin Siregar,S.PdI,MA begitu kerja keras untuk membuat suatu terobosan yang baik dalam pembangunan MAN kelas unggulan ini,sehaingga mampu untuk membuat proposal dalam pembangunan gedung yang baru saja kita resmikan ini.

Mudah-mudahan ini benar-benar dapat dipergunakan dengan baik,serta meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan biadan agama dan keagamaan di Kabupaten Dairi ini,apalagi untuk mendidik para siswa-siswi kearah penguatan iman.

Dan jangan kalah dengan sekolah-sekolah lain dalam mutu pendidikan disekolah ini,bahkan ada kelebihan dari sekolah lainnya,sebab sekolah ini adalah membina mentalitas melaluai keagamaan,dan mengisi kekosongan iman kita yang mungkin kurang begitu teguh selama ini. Tentu melalui keagamaanlah yang dapat memperbaiki itu, tegas orang nonor satu di Kemenag Propinsi Sumatera Utara tersebut .

Disamping itu juga Abd.Rahim dalam penegasannya kepada para guru-guru MAN Sidikalang secara khusus,dan para guru-guru lainnya yang  dibawah naungan Kemenag pada umumnya menyebutkan,tingkatkan mutu pendidikan agama dan keagaman disekolah masing-masing,supaya anak didik itu lebih mengetahui apa itu agama dalam kehidupannya,dan bukan prinsip sianak didik itu agama itu adalah hanya mengisi kekosongan waktu senggang, tetapi berikanlah pemahaman kepada para siswa-siswi bahwa pendidikan agama itu adalah yang sangat utama bagi kehidupan semua manusia,sehingga jangan ada anggapan pendidikan agama itu dinomor duakan dala kehidupannya tegas Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara Drs.H.Abd.Rahim,M.Hum dalam akhir sambutannya.

Sebelumnya juga Kepsek MAN Sidikalang Drs.Karim Siregar,S.PdI,MA menyampaikan laporan dan kronologis tentan bagaimana awal mulanya untuk membangun gedong MAN kelas unggulan yang terletak di KM 2 Jalan Sidikalang-Tigalingga Kabupaten Dairi itu, dan Karim juga menyebutkan bahwa prosesnya itu adalah cukup panjang dan penuh memakan tenaga dan energi sebutnya.

Dalam kesemptan itu juga Kepsek MAN Sidikalang itu mengharapkan kepada Kakanwil Kemenag Sumatera Utara ,kiranya sarana dan prasarana atau dengan kata lain peralatan untuk MAN kelas unggulan itu belun lengkap,jadi itulah yang klami harapkan kepada Kakanwil Kemenag,agar bisa dioprasikan gedong tersebut semaksimal mungkin,itulah inti dari laporan Karim tersebut.

Pada kesempatan itu juga Kakan Kemenag Kabupaten Dairi Drs.Hasan Basri bancin menyampaikan kata sambutan,serta atas nama Bupati Dairi sambutannya yang disampaikan Kakan Ketahanan Pangan Kabupaten Dairi Naek Kaloko,SP.MM dan tidak juga ketinggalan dari Sulang Silima Marga Sagala Sikerbo menyerahkan dan menyatan sikap dan mendukung atas dibangunnya MAN kelas unggulan di Sidikalang persisnya di tanah ulayar mereka.(Kt)

Keterangan foto : Ketua Sulang Silima Marga Sagala Sabda Sagala dan didampingi Sekretarisnya Awal Hoddy Sagala menyerahkan surat dukungan dan pernyataan kepada Kakanwil Kemenag Sumut Drs.H.Abd.Rahim M.Hum,isi surat tersebut  bahwa tidak ada sengketa tentang lahan yang diserakan kepada MAN kelas unggulan Sidikalang (Foto dok.SIRA Online/KT) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar