Senin, 28 Maret 2011

Percepatan Penurunan Gizi Kurang Kelompok Anak Balita

Sidikalang,SIRA :
Untuk mendukung implementasi Rencana Aksi Nasional (RAN) pencegahan gizi buruk yang bertujuan untuk percepatan penurunan gizi kurang di kelompok anak Balita dan anemia di kelompok perempuan, Pemkab Dairi bekerjasama dengan PT.Maton Selaras consultant Bogor, melaksanakan Workshop Taburia, Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) yang dilaksanakan di Hotel Beristera Sidikalang Dairi, Selasa (16/3).
Workshop Taburia diikuti sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari petugas Puskesmas, Bidan, Nakes, Kader posyandu, dan kader PKK dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi, dan dihadiri dua orang konsultan Project Nice pusat, Purnomo dan Edi Taufik, Ketua TP PKK pokja Empat Dairi, Ny. Daniel Sianturi, dan perwakilan dari Bappeda Dairi.
Ketua panitia workshop, MT Sitinjak dalam laporannya mengatakan, untuk menangani kasus gizi masyarakat, khususnya untuk mempercepat peningkatan gizi pada kelompok Balita, pemerintah berusaha melakukan program intervensi terbaik dengan Taburia yakni, suatu produk milkronutisi yang mengandung 16 multi vitamin dan multi mineral yang ditaburkan melalui makanan atau bubur, katanya

MT Sitinjak yang juga Kabid Komunikasi Dishubkominfo Dairi itu menambahkan, “ dan untuk mendukung pencapaian target intervensi tersebut, maka dikembangkan KPP untuk memasyarakatkan penggunaan taburia dengan dukungan diberbagai level baik pemerintah maupun masyarakat secara luas “ tambah Sitinjak
Sementara itu, Plt. Kadis Kesehatan Dairi, dr. Haposan Situmorang, yang diwakili Kasi Gizi keluarga dan Masyarakat Dinkes Dairi, Saidah Purba dalam paparanya menjelaskan, tujuan project Nutrition Improvement Community Empowerment (NICE) adalah, meningkatkan status gizi balita, ibu hamil, dan ibu menyusui terutama keluarga miskin.
“ Untuk mencapai tujuan peningkatan status gizi tersebut, maka diperluas pelaksanaan program fortifikasi makanan melalui penyebaran Taburia di seluruh posyandu project Nice di Provinsi Sumatera utara, dan salah satunya adalah melalui workshop taburia KPP “ jelas Saidah.
Usai acara pembukaan workshop, MT Sitinjak pada Batak Pos menjelaskan, sebagai tindak lanjut kegiatan workshop yang berlangsung saat itu, seluruh peserta merupakan kader untuk mensosialisasikan kegiatan KPP yang tujuan utamanya adalah, untuk memasyarakatkan penggunaan Taburia di kecamatan masing-masing, jelas Sitinjak.(Robs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar