Senin, 28 Maret 2011

Bolehkah Bupati Dairi Mencalonkan Lagi ?...

Sidikalang,SIRA :
Ketika ada pernyataan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi baru-baru ini, dimana ditegaskan wakil kepala daerah tak bisa mencalonkan diri untuk ketiga kalinya, jika sudah menjabat dua kali karena wakil dan kepala daerah itu satu paket. Pelarangan wakil kepala daerah mencalonkan diri untuk ketiga kalinya, baik kepala daerah maupun wakil, mesti masuk dalam RUU tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). “Kami akan tegaskan, tidak boleh menjadi wakil di periode ketiga. Dengan cara menegaskan wakil itu satu paket kelembagaan dengan kepala daerah,” kata Gamawan, di Jakarta, (25/2) lalu.

Dalam regulasi yang ada sekarang, pengaturan itu tak secara ekplisit menyebutkan bahwa wakil itu satu paket. Dalam regulasi tentang Pilkada yang baru itu akan lebih ditegaskan. “Selama ini kan terjadi (wakil mencalonkan sampai tiga kali-red) karena tidak eksplisit disebutkan wakil itu satu lembaga dengan kepala daerah, jadinya bisa ditafsirkan bisa maju,” ujarnya. Dalam regulasi nanti, akan ditegaskan tentang satu paket kelembagaan antara kepala daerah dengan wakilnya. Hal ini penting untuk menghindari komplikasi penyelenggaraan pemerintahan. Di Dairi khususnya saat ini telah menjadi perbincangan sapai dikedai-kedai kopi,bila seandainya itu diberlakukan nantinya ,bahwa wakil itu satu paket dengan Bupati,maka Bupati Dairi sekarang tidak akan bisa maju lagi untuk priode selanjuttnya.
Bahkan saat ini juga sudah mulai bisik-bisik bahwa untuk pemimpin Dairi,baik itu nomor satu maupun nomor dua untuk tahun 2014 akan datang sudah mulai dibicarakan, kalaupun masih 2 tahun priode Bupati sekarang dijalani. Wajar kalau ada yang sudah mereka-reka siapa yang akan bakal maju nanti untuk tahun 2014 sebut Sekjend.KNPPI Ahmadi berampu ketika berjumpa di jalan Sisingamangara Sidikalang ketika mengikuti acara memasuki sekretariat empat perusahaan dibidang kontruksi.
Dan sekalian makan plleng sebagai tanda dimulainya untuk mengeksiskan kembali personil-personil (Komite Pemuda Pakpak Indonesia(KNPPI) yang diketuai oleh Ruslan Berutu mantan anggota DPRD Pakpak Bharat. Dalam pertemuan silaturahmi itu juga dibahas mengenai pemimpin Kabupaten Dairi untuk masa priode selanjutnya sebut Ahmadi Berampu selaku Sekjend.KNPPI.
Ditambahkan lagi,harapan kita pemeimpin yang akan datang harus mengerti dan menyadari mengenai budaya,khususnya budaya Pakpak sebagai sukut nitalun,artinya minimal seorang pemimpin itu mau bertanya kepada yang mengerti budaya,dan bukan harus seorang kepala daerah itu mengerti segala-galanya,tapi minimal mau bertanya kepada tokoh yang mengerti tentang budaya jelas Ahmadi Berampu,supaya nantinya kita tidak dibilang orang tidak mengerti berbudaya, sebab bukan menari-nari itu cuman disebut budaya, tetapi tatakramapun termasuk budaya tegasnya.
Kembali masalah pencalonan Bupati Dairi tadi,apakah bisa nanti Bupati sekarang untuk mencalonkan lagi tanaya SIRA,Berampau mengatakan itu adalah wewenang pusat, namun ketika ada pernyataan Mendagri Gamawan Fauzi bahwa wakil itu satu paket, Bupati kita sekarang sudah dua kali,walaupun wakil pertam dulunya.
Masalah adanya perbincangan sampai dikedai kopi tentang pembahasan pimpinan daerah untuk priode mendatang,itu hak mereka juga itu ujarnya sambil mengakhiri percakannya dengan SIRA Rabu,23/3-2011.(SR01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar