Jumat, 25 November 2011

Siswa SD Lau Mil Mengaku Tidak Pernah Menyentuh Komputer

Sidikalang,SIRA :
“Jangankan menggunakan, menyentuh komputerpun kita tidak pernah apalagi yang namanya Internet, kita sama sekali tidak mengetahui apa kegunaanya, bahkan sebahagian rekan-rekan masih ada yang belum pernah melihat computer khususnya adik kelas satu”

Demikian pengakuan polos salah seorang siswa kelas lima SD.030311 Lau Mil, Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi, Binsar Hutagalung kepada Batak Pos usai melakukan praktek langsung menggunakan Internet yang dilayani sejumlah petugas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Dairi, yang melibatkan dua unit Mobil layanan Internet, di lapangan SD 030311 Desa Lau Mil, Sabtu (19/11).
“Dengan kehadiran Mobil internet disekolah kami ini, kami merasa bangga karena dapat mengetahui dan bahkan menggunakan internet yang sebelumnya, kami belum pernah mengetahui atau mengenal yang namanya Internet, jangankan internet komputerpun belum pernah kami sentuh, dan bahkan adik-adik kelas satu masih banyak yang belum pernah melihat computer”, ungkap Binsar polos seraya berharap agar setiap hari mobil layanan internet yang memiliki motto”Jangan Biarkan Yang Terpencil Semakin Terpencil”itu, berada di sekolahnya
Salah seorang tim pengajar dari Dishubkominfo Dairi, H br. Lumbangaol kepada Batak Pos mengaku, kesulitan untuk mengajari Internet para siswa SD yang menurutnya sama sekali masih belum pernah belajar maupun mengenal computer, namun demikian pihaknya selalu sabar dan semaksimal mungkin untuk mengajari siswa minimal untuk mengenal dan sekaligus untuk mengetahui dasar-dasar belajar menggunakan Internet.
“Kita sangat kesulitan dalam memandu siswa untuk menggunakan Internet, karena memang mereka samasekali belum pernah belajar computer, jangankan untuk menggunakan internet, untuk menggunakan pengarah (mouse) computer sajapun siswa sudah sangat kesulitan, namun demikian kita tetap akan maksimal untuk mengajari mereka, minimal untuk dapat mengetahui dasar-dasar pelajaran untuk menggunakan internet”, ungkap boru Lumbangaol.
Sementara itu, Kadishubkominfo Dairi, Wesly Manullang yang turut mendampingi stafnya melakukan pelayanan Internet itu menjelaskan, kehadiran dua unit mobil layanan internet di sekolah Dasar Lau Mil itu, merupakan bagian dari Tim Kunker gabungan Pemkab Dairi dua selama hari di dua Desa yakni Desa Sumbul Tengah dan Desa Lau Mil Kecamatan Tigalingga.
Kehadiran dua unit mobil internet di sekolah ini, merupakan bagian dari Tim kunjungan kerja (Kunker) gabungan Pemkab Dairi yang dipimpin, KRA. Johnny Sitohang di dua Desa, namun demikian ke depan, kita akan melakukan kunjungan rutin ke sekolah-sekolah yang ada di Dairi untuk dapat menikmati layanan internet melalui mobil internet bantuan dari Menkominfo RI ini”, jelas Wesly.
Untuk itu, Wesly Manullang mengimbau agar, masing-masing pihak sekolah membuat penjadwalan, kapan mereka memiliki waktu untuk belajar internet melalui layanan fasilitas Mobil Internet yang dikelola Dishubkominfo itu.(Robs)
Keterangan Foto : Belajar Internet: Salahseorang Petugas Dishubkominfo Dairi, H Br. Lumbangaol sedang memandu siswa SD.030311 Laumil Kecamatan Tigalingga, untuk menggunakan Internet dengan menggunakan fasilitas mobil Internet, Sabtu (19/11) . Foto Dok. Robinson Simbolon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar