Minggu, 27 November 2011

Anggota Pansus DPRD Humbahas Study Banding Ke RSUD Sidikalang

Sidikalang ,SIRA :
Sebanyak enam anggota DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan study banding ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang, Rabu (9/11).

Enam orang anggota DPRD Humbahas yang diterima Direktur RSUD Sidikalang, dr. Lomo Danie Sianturi litu, merupakan Tim Pansus Rumah Sakit umum Dolok Sanggul yang dipimpin Wakil ketua DPRD Humbahas yang juga koordinator Pansus, Pantas Purba didampingi Ketua Pansus, Pantas Manullang serta 4 orang anggota Pansus lainnya yakni, Janwar Lumbangaol, Manatar Manullang, Irwan Simamora, dan Candra Marulak.
Pada kunjungan Pansus DPRD Humbahas di RSUD Sidikalang itu, Ketua Tim Pansus, Pantas Manullang mengakui perbedaan RSUD Sidikalang yang dinilai jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan yang ada di RSUD Dolok Sanggul yang memiliki kelas Rumah Sakit dengan type yang sama yakni type C.
“Setelah kita melakukan kunjungan dan mendapat penjelasan dari Direktur RSUD Sidikalang tentang Profil Rumah Sakit milik Pemkab Dairi ini, kita mengakui Manajemen dan pelayanan yang ada di Rumah Sakit Sidikalang ini, jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan menejemen dan pelayanan RSUD Dolok Sanggul padahal, seperti kita ketahui ke-dua RSUD ini memiliki type yang sama yakni Type C”, ungkap Pantas kepada SIRA yang didukung anggota Pansus lainnya.
Menurut Pantas Purba, perbedaan yang menyolok diantara ke-dua rumah sakit type C itu yakni, RSUD Sidikalang yang memiliki visi menjadi rumah sakit terdepan di Sumate Utara itu, sudah menerapkan standard pelayanan dasar yang belum dimiliki RSUD Dolok Sanggul, dan empat spesial pelayanan yang ada di RSUD Sidikalang, sementara di Dolok Sanggul hanya ada dua, serta jumlah tempat tidur pasien yang jauh lebih banyak di RSUD Sidikalang.
Dikatakannya, sarana dan prasarana yang ada di RSUD Dolok Sanggul sudah memadai, namun diakui sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit pemerintah itu masih kurang bila dibandingkan dengan SDM yang ada di RSUD Sidikalang, baik dibidang Manajem en, tenaga medis, maupun di rekam medik.
Sementara itu, Direktur RSUD Sidikalang, didampingi KTU, Frisda Turnip Dan Kabid Keperawatan, Rosmaida Simamora kepada Batak Pos mengakui, masih banyak yang perlu dibenahi di RSUD Sidikalang untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk pada pasien yang banyak berasal dari kabupaten tetangga seperti, Humbahas, Samosir dan Aceh Selatan. (Robs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar