Minggu, 29 November 2015

Drainase Tak Berfungsi, Sejumlah Titik Jalan Nasional di Karo dan Dairi Rusak

Tanah Karo-SIRA Online: Di sejumlah titik jalan nasional jurusan Kuta Buluh-Lau Pakam rusak terkena longsor karena drainase tak berfungsi akibat tertutup tanah. Akibatnya arus air mengalir di bahu jalan dan mengikis beram hingga terjadi longsor.

Hal ini terlihat di Km 134,5 Desa Kuta Buluh, Dairi beram jalan nyaris terputus serta di perbatasan Karo-Dairi Km 138, gorong-gorong di Desa Lau Peranggunen juga mengalami kerusakan. Sementara di Dusun Arimas Desa Perbulan, Kec. Lau Baleng, Desa Tanjung Pamah Kec. Mardingding drainase tertutup tanah sehingga arus air mengalir di sepanjang bahu jalan. Akibat sering tergenang air, kondisi ruas jalan mulai berlobang bahkan sebagian tertutup tanah.

Tokoh agama Pdt Jerry Yonanta Sitepu STh dan tokoh pemuda Tenni Tarigan secara terpisah kepada wartawan, Sabtu (28/11) mengatakan, kondisi jalan saat ini sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan khususnya di malam hari karena tidak adanya penerangan jalan.

“Kondisi ini harus menjadi perhatian pihak Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I (BBPJN) Kementerian Pekerjaan Umum di Medan agar bertindak cepat melakukan normalisasi drainase yang tumpat serta membersihkan ruas badan jalan yang tertutup tanah untuk menjaga keselamatan pengendara”, ujar Sitepu. (sibol )

Keterangan foto :LONGSOR: Salah satu ruas badan jalan di Kuta Buluh, Dairi longsor akibat terkikis air yang mengalir dari bahu jalan karena drainase tak berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar