Senin, 04 Maret 2013

Ibadah Raya Jubileum 50 Tahun GKPPD Sumbul Diikuti Ribuan Umat

Dirangkai Dengan Kegiatan Bakti Sosial Dan Pengobatan Gratis

SIRA Online - Sidikalang : Ibadah Raya yang merupakan acara puncak perayaan Jubileum 50 Tahun Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) resort Sumbul (1963-2013), berlangsung meriah, dan diikuti sedikitnya 4000 orang umat Nasrani dari berbagai Gereja yang ada di Kabupaten Dairi, serta dihibur Artis Ibukota Jakarta, Joel Simorangkir, MOREVOICE  Medan, dan Finalis Idola Cilik 2013 RCTI, Josia Simanjuntak, Minggu (3/3) di Halaman GKPPD Sumbul.

Untuk menyongsong 50 tahun GKPPD resort Sumbul  (sebelum pelaksanaan perayaan puncak Jubileum-red), pihak panitia Jubileum bekerjasama dengan Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI), telah melaksanakan sejumlah kegiatan Bakti sosial dan pengobatan gratis terhadap masyarakat yang berlangsung pada hari, Jumat-Sabtu (1-2/3)di Lapangan Yayasan Karina Sumbul.

Diantaranya, Pengobatan umum dan spesialis bagi 1059 orang warga, Pemeriksaan KGD 85 orang, Pemeriksaan asam urat 118 orang, Papsmear 49 prang, Pe,eriksaan katarak 25 orang, Pangkas 143 orang, Pemeriksaan golongan darah 220 orang, Pendataan dan pemeriksaan bibir sumbing 25 orang, Pendataan dan pengukuran Kaki dan Tangan palsu, 16 orang, Pemeriksaan benjolan bedah umum 5 orang, Pemberian kacamata baca sebanyak 705 terhadap usia 50 tahun ke atas, Pemeberian obat-obatan dari Apotik terhadap 590 orang, dan pemberian makanan dan Air Mineral untuk 4500 orang.

Sebelumnya juga, pihak panitia telah melakukan sejumlah kegiatan lainnya yakni, Gerakan penanaman 5000 Pohon, Festival Koor se-GKPPD, Perlombaan Vocal solo, Vocal Group, Cerdas cermat Alkitab, lomba Puisi tingkat Sekolah Minggu, dan Cimatah Daging se-Resort GKPPD Sumbul, serta Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR). 

Hal itu disampaikan Ketua Umum Panitia Pesta Jubileum 50 tahun GKPPD Sumbul, Richard Edy M. Lingga, SE, dalam laporannya pada Ibadah Raya yang dipimpin Bishop GKPPD, Pdt.Elias J. Solin STh, dan juga dihadiri, Sekda Dairi, Julius Gurning /istri, Ketua DPRD Dairi, Delphi Masdiana Ujung, Ketua DPRD Pakpak Bharat, Agustinus Manik/istri, Kapolres Dairi yang diwakili Kabag OPS, Kompol Noviman.S, Kapolsek Sumbul, AKP. Boris Saragih, dan Camat Sumbul, Guntur Siregar, serta Kadis Budparpora Dairi, Drs. Bonar Butarbutar/istri.

“Kehadiran Injil di tengah-tengah Suku Pakpak, khususnya di wilayah Sumbul, adalah anugrah Tuhan yang memanggil umatnya kepada terang Firman Tuhan. Hal ini diawali dengan kerinduan putra/putri Pakpak untuk bersekutu dengan Allah dalam budaya dan bahasa yang mereka mengerti, sehingga terbentuklah HKBP Simerkata Pakpak 50 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 3 Maret 1963 di Sumbul yang menjadi cikal bakal GKPPD yang ada di Indonesia”, kata Richard.

Menurut Richard, Pesta Jubileum 50 Tahun GKPPD Sumbul itu, merupakan rasa syukur yang mendalam dari Panitia dan seluruh Jemaat GKPPD Sumbul, yang berkeinginan untuk merefleksikan rasa syukur kepada Tuhan, atas berkat dan anugrah yang telah diperoleh Jemaat GKPPD.

Sementara itu, Bihop GKPPD Pdt. Elias J. Solin STh dalam Kotbahnya menjelaskan, pengertian dari Jubileum yakni, Tahun pembebasan atau tahun kemerdekaan, yang dikaitkan dengan pembebasan Bangsa Israel dari perbudakan di Tanah Mesir yakni, perjalanan Bangsa Israel dari Tanah Mesir menuju Tanah Perjanjian selama 40 tahun lamanya, yang mengalami banyak percobaan, hingga mereka menyembah berhala, yang diambil dari Nats Kitab Korintus 10 ; 1-13.

Pantauan Batak Pos di Lokasi Perayaan, Ibadah Raya juga dirangkai dengan penandatanganan Prasasti, dan Pelepasan 50 buah Balon ke udara, yang menandai  50 tahun GKPPD Resort Sumbul, oleh  Bishop GKPPD Pdt. J Solin, didampingi Ketua Umum Panitia, Richard Lingga yang disaksikan para Pendeta yang hadir, serta seluruh undangan.

Acara Ibadah Raya Jubileum 50 tahun GKPPD Sumbul dipandu Pendeta Resort Sumbul, Pdt. Sihol Kesogihen, STh. Sementara pada acara pesta perayaan yang  juga dirangkai dengan hiburan dan Lucky Draw itu, dipandu dua orang MC yakni, Esron Kaloko dan Pasaribu asal kota Medan. D 20. 

Keterangan Foto 1, Sampaikan Laporan : Ketua Panitia Jubileum 50 Tahun GKPPD Sumbul, Richard Lingga sedang menyampaikan Laporan Panitia

2. Sampaikan Berkat L Bishop GKPPD, Pdt.J. Solin, sedang menyampaikan Berkat dari Tuhan kepada Jemaat yang mengikuti Ibadah Raya, Minggu (3/3) Foto dok Batak Pos Robinson Simbolon/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar